Minggu, 28 Oktober 2012

Tipe Investing: GARP (Growth At Reasonable Price)


Banyak investor yang memiliki gaya-gaya tersendiri dalam melakukan investasinya. Tidak menutup kemungkinan, ada juga investor yang menggabungkan beberapa gaya untuk digunakan. Hal tersebut berlaku bagi tipe investing GARP ini.
Dari 2 tipe investing sebelumnya kita telah mengenal value investing dan growth investing. GARP merupakan gabungan dari value investing dan growth investing. Pelopor GARP adalah Peter Lynch. Tujuan dari GARP adalah mencari saham yang pertumbuhannya cepat tetapi dengan harga yang murah.

Kriteria GARP:
Pilih saham yang PEG (Price Earing Growth) ratio < 1
PEG ratio semakin kecil semakin baik, karena saham tersebut memiliki PER relatif lebih rendah daripada pertumbuhan EPS.
PEG = PER / Persentase Pertumbuhan EPS

Contoh perhitungan:
Sebuah saham memiliki PER sebesar 10 dan pertumbuhan EPS (5 tahun terakhir) sebesar 20% per tahun. Maka PEG ratio = 10/20 = 0,5 kali. Kesimpulan PEG < 1, maka saham tersebut layak dipilih.
Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa GARP menitik-beratkan pada besarnya PER dan pertumbuhan EPS. Ada perbedaan dengan value investing yang menitik-beratkan pada margin of safety dan dengan growth investing yang menitik-beratkan pada pertumbuhan laba bersih perusahaan.
Untuk contoh pemilihan saham (screening) menggunakan gaya GARP dapat dilihat di http://investor-saham.blogspot.com/2012/08/pilih-saham-ala-value-growth-investing.html

1 komentar: